Bagian 1 (READING)
Kompetensi
Membaca dan memahami banyak sekali teks nonsastra (biografi, artikel, diberita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), banyak sekali karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, dongeng anak, buku dongeng anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
Indikator
- Menentukan citra umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau tumpuan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
- Menentukan citra umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau tumpuan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
- Menentukan citra umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau tumpuan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
- Menentukan citra umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau tumpuan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
- Menentukan citra umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau tumpuan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
- Menentukan citra umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau tumpuan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
Bagian 2 (WRITING)
Kompetensi
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Indikator
- Menentukan kata yang sempurna untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
- Menentukan kata yang sempurna untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
- Menentukan susunan kata yang sempurna untuk menciptakan kalimat yang bermakna.
- Menentukan susunan kalimat yang sempurna untuk menciptakan paragraf yang padu dan bermakna.
by BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)
Tag :
Soal UN SMP MTS
0 Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional Smp/Mts Bahasa Inggris 2012/2013"