Facebook Untuk Pembelajaran Kelas Yang Efektif



Guru? Ayo Gunakan Facebook Untuk Pembelajaran Efektif

Dewasa ini banyak guru memakai Facebook spesialuntuk untuk tujuan sosial termasuk silaturrahmi ke sahabat dekat-teman bersahabat mereka, TAPI tahukah Anda bahwa Facebook sanggup sangat mempunyai kegunaan dalam pembelajaran kelas yang efektif? 

Telah diteorikan bahwa salah satu jalan yang excellent untuk memastikan siswa lebih aktif  dalam mengikuti pengalaman pembelajaran adalah dengan menguatkan relasi komunikasi antara siswa ke siswa lainnya dan antara siswa ke guru. Untuk membuat relasi ini sanggup dibuat melalui jaenteng Facebook. Terlebih siswa  lebih banyak aktif dan lebih nyaman dalam berkomunikasi melalui Facebook. Di bawah ini  akan diuraikan beberapa tips dalam memanfaatkan Facebook untuk tujuan pembelajaran yang efektif. 

  1. Create a group: buatlah sebuah group di Facebook khusus untuk kelas Anda. Direkomendasikan untuk memakai akun yang tidak sama: satu khusus untuk relasi siswa satu untuk relasi ke sahabat bersahabat secara umum supaya sifat profesionalisme Anda sebagai guru tetap terjaga di sekolah.
  2. Schedule events: melalui group facebook yang Anda sudah bentuk, Anda sanggup membuat atau mengatur kegiatan untuk seluruh kelas.
  3. Share multimedia: di Facebook sangat simpel untuk saling membuatkan video, foto dan yang lainnya termasuk file dalam bentuk word ataupun pdf.
  4. Send messages: bukan hal yang susah untuk mengirim pesan melalui akun facebook.
  5. Post note class: setelah pembelajaran Anda di kelas ada baiknya memposting bahan asuh Anda di group supaya tiruana siwa sanggup mereview nya kembali terlebih lagi buat siswa yang absent.
  6. Provide direct communication: guru dan siwa sanggup saling kontak satu sama lain melalui Facebook. melaluiataubersamaini relasi ini sanggup sangat memmenolong dalam keefektifan relasi komunikasi.
  7. Allow shy students a way to communicate: siswa pemalu biasanya jarang bersahabat dengan gurunya di luar kelas. melaluiataubersamaini adanya Facebook para siswa sepeti ini akan merasa lebih enjoy untuk berkomunikasi dengan gurunya.
  8.  Make announcements: guru sanggup mengirimkan pengumuman terhadap ke tiruana siswa baik itu baik itu untuk mengingatkan akan tes atau ujian yag akan dilaksanakannya maupun bentuk pengumuman lainya.
  9. Brinstorm: dengan group di Facebook para siswa sanggup memberikan ide-ide mereka ke seluruh kelas kapan saja. melaluiataubersamaini begitu akan sangat simpel terciptanya brainstorming (saling bertukaran pikiran antara para siswa  ke siswa lainnya dan antara siswa ke guru).
  10. Share interesting pictures, videos, and websites: guru sanggup menyarankan website-website yang sanggup mempunyai kegunaan bagi siswa sebagai rujukan terkait pelajaran.
  11. Post homework: melalui group Facebook guru sanggup memposting kiprah untuk siswa. Hal ini dapt memastikan secara eksklusif bentuk kiprah yang didiberikan termasuk due date nya (batas pengumpulan).
    (Original Source: KangGURU Indonesia)

0 Komentar untuk "Facebook Untuk Pembelajaran Kelas Yang Efektif"

Back To Top