Tips Menghadapi Tes Listening Toefl Part A


Yesterday, we learned general tips for the three sections of Listening Comprehension. At the moment, we will learn tips for Part A.


Untuk setiap 30 soal pada sesi Listening part A tes TOEFL, engkau akan mendengar sebuah percakapan pendek antara dua orang pembicara (speaker) diikuti dengan satu soal. Sesudah mendengar percakapan (conversation) beserta soal, engkau harus   menentukan jawabanan yang sempurna yang ada di buku tes engkau. Conversation beserta soal tidak tertulis di buku tes, spesialuntuk pilihan jawabanan yang dicantumkan di buku tes.

Example:
Dalam recording, engkau mendengar:

(man)             I've always wanted to visit Hawaii with you.
(Woman)       Why not next month?
(narrator)       What does the woman mean?

Di buku tes engkau, engkau melihat:
(A) Next month isn't good time for the trip.
(B) She doesn't want to go to Hawaii.
(C) She's curious about why he doesn't want to go

Jawaban (C) yakni jawabanan yang paling tepat. Kalimat Why not next month? ialah bentuk kalimat suggestion (masukan) untuk melaksanakan trip mengunjungi Hawaii bulan depan. Kata 'Why not' ialah salah satu bentuk expressions of suggestions. 

Beberapa taktik menghadapi Listening Part A:
  1. Ketika engkau mendengar setiap conversation, seriuslah ke baris ke dua dari percakapan yang engkau dengarkan. Jawaban dari pertanyaan umumnya ditemukan di baris yang ke dua.
  2. Teruslah ingat bahwa jawabanan yang benar kemungkinan restatement (pernyataan ulang) dari kata kunci atau wangsit yang terdapat di baris kedua pada percakapan.
  3. Teruslah ingat bahwa expression (ungkapan) dan structure tertentu diujikan secara reguler dalam tes Listening Part A.
  4. Teruslah ingat bahwa bentuk pertanyaan umumnya dari praktis ke susah. Hal ini berarti pertanyaan no 1-5 akan menjadi petanyaan tergampang, dan pertanyaan 26-30 akan menjadi tersusah.
  5. Bacalah pilihan jawabanan dan pilih jawabanan yang paling tepat. Jangan pernah kosongkan jawabanan walau engkau tak yakin akan pilihan engkau alasannya tidak ada pengurangan nilai walau salah.
  6. Bahkan bila engkau tidak mengerti maksud dari percakapan secara utuh, engkau sanggup mendapat jawabanan yang tepat.
    - Jika engkau spesialuntuk mendengar atau menangkap baris ke dua dari conversation, pilihlah jawabanan yang meliputi sebuah pernyataan ulang (restatement) dari kata atau wangsit baris ke dua tersebut. Bukan yang bunyinya atau penyebutan katanya mirip.
    - Jika engkau tidak mengerti sama sekali, pilihlah jawabanan yang kedengarannya atau penyebutan katanya paling tidak sama dari yang engkau dengar.
    - Jangan pernah menentukan jawabanan yang alasannya kedengaran bunyinya sama dengan yang engkau dengar dari percakapan.
    (Original source: Longman TOEFL)
0 Komentar untuk "Tips Menghadapi Tes Listening Toefl Part A"

Back To Top